Jumat, 27 Februari 2015

Dinamika Psikologis dalam Pendekatan Psikosintesis *


Sebuah Kasus
Seorang gadis berusia 21 tahun mengungkapkan keluhannya perihal hubungan interpersonal. Sebut saja namanya “Bunga” (bukan nama sebenarnya). Bunga menceritakan bahwa dirinya sedang patah hati karena ‘terpaksa’ harus berpisah dengan laki-laki yang dicintainya. Sepertinya sudah cukup lama dia memendam perasaan duka hingga dirasa tidak kuat lagi untuk ditahan. Dia kemudian memutuskan untuk berkonsultasi dan minta saran penyelesaian.
Cinta Bunga berawal dari sebuah pertemanan, kenal semakin mendalam kemudian menemukan kecocokan. Sikap lembut, baik hati, perhatian, dan begitu mengasihi layaknya seorang ayah dari laki-laki itulah menjadi alasan cintanya. Jauhnya jarak dari orangtua menjadikan hubungan semakin dekat, figur seorang ayah yang dia temukan semakin menguatkan rasa cintanya. Mulai muncul harapan besar suatu saat hubungan akan berujung pada kehidupan rumah tangga. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, ketika rasa cinta semakin menguat justru perpisahan yang terjadi. Hal tersebut yang menjadi beban perasaan Bunga. Dia bingung apa yang harus dilakukan dan apa penyebabnya.
Dalam pandangan Psikosintesis, setidaknya ada dua subkepribadian yang berperan dalam situasi yang dialami Bunga. Seorang anak yang merindukan kasih sayang seorang ayah dan seorang wanita dewasa yang merasa layak memiliki pasangan. Hanya saja, subkepribadian seorang anak lebih dominan dalam interaksi dengan laki-laki yang dicintainya. Figur seorang anak yang minta lebih ingin diperhatikan, dikasihsayangin, dan diarahkan dst. Bagaimana perasaan seorang laki-laki dalam hubungan serius ingin melangkah ke rumah tangga tetapi justru dia lebih berperan layaknya seorang ayah? Hal tersebut yang menjadikan hubungan lebih serius tidak terjadi. Seorang laki-laki yang ‘mengasuh’ seorang anak tiap hari. Bagimana dinamika psikologis yang terjadi?

Kata kunci: Psikosintesis, Subkepribadian, Dinamika Psikologis

*) Paper dipresentasikan oleh Pariman dalam acara diskusi dengan mahasiswa magister profesi psikologi klinis di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2 November 2010.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Refrensi Psikologi: Temukan Refrensi Penting Di Sini. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.