Rabu, 25 Februari 2015

Biopsycosociospiritual Methode as Integrated Help for Patient with Cancer *


Abstrak
Kanker masih termasuk penyebab terbanyak kematian di dunia. Selain belum adanya penanganan secara memuaskan juga deteksi tentang kanker yang cenderung terlambat. Hal tersebut menambah keluhan terkait kanker terutama ketidaknyamanan fisik dan keadaan psikologis pasien kanker.  Pihak keluarga yang tidak mengalami secara langsung pun mengalami ketidaknyamaan dengan keadaan anggota keluarganya yang mengalami kanker. Walaupun penanganan terhadap kanker dari dunia medis sudah  coba untuk ditingkatkan tetapi masih terkesan berfokus pada penanganan secara medis melalui  kemoterapi. Padahal pada kenyataannya, mereka yang mengalami kanker mengeluhkan berbagai hal yang perlu penanganan secara integratif dari berbagai pihak.  Tulisan ini bertujuan untuk memberikan paparan gambaran penanganan secara integratif melalui berbagai pendekatan yang dimungkinkan bisa membantu penyembuhan dan/atau peningkatan kualitas hidup penderita kanker. Berbagai informasi dari penelitian-penelitian sebelumnya menyebutkan peran penting dukungan sosial, peningkatan kualitas psikologis penderita kanker, penanganan medis, dan kualitas religiusitas seseorang dalam penyembuhan.  Pendekatan biopsycosociospiritual  yang melibatkan peran dokter, psikolog, teman, anggota keluarga, dan komunitas. Dari konsep penanganan yang diperoleh selanjutnya bisa menjadi masukan bagi berbagai pihak untuk membantu para penderita kanker. Selain itu, konsep yang diperoleh juga  menjadi  dorongan  para pemerhati kesehatan  untuk  diuji secara empirik.

Kata Kunci: Pasien kanker, Penanganan Terintegrasi, Biopsikososial dan Spiritual 

*) Paper dipresentasikan dalam acara Temu Ilmiah Psikologi Klinis “Paradigma Biopsikososial dan Spiritual Dalam Praktik Psikologi Klinis” pada 1 – 4 November 2012 di Rumah Sakit Penyakit Tropis dan Infeksi (RSPTI, Kampus C Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur. Jika ingin diskusi atau membutuhkan papernya bisa kontak ke penulis Pariman melalui email pariman@mail.ugm.ac.id 

Download "Biopsychosociospiritual Methode as Integrated Help for Patient with Cancer" Here!


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Refrensi Psikologi: Temukan Refrensi Penting Di Sini. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.