Selasa, 03 Maret 2015

Propetic Parenting For Family Problem Solving

Pariman 
Darosy Endah Hyoscyamina 

Magister Profesi Psikologi Klinis, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta
Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang

 pariman@mail.ugm.ac.id
bundaendahpsiundip@yahoo.co.id

ABSTRAK
Kekerasan pada anak meningkat jumlahnya selama 2011 dan 2012. Beragam bentuk kekerasan, mulai dari kekerasan  fisik, seksual, emosional. Kekerasan pada anak dilakukan oleh orang-orang terdekat anak sendiri.  Di sisi lain,  ada pula  anak  yang menjadi  pelaku kekerasan  terutama di sekolah. Kekerasan  tersebut biasa dikenal dengan istilah  bullying. Bentuk dari kekerasan yang dilakukan anak berupa pemalakan, ejekan, kekerasan fisik yang bermaksud melukai hingga membunuh temannya. 
Berbagai kekerasan  oleh anak mengindikasikan  keluarganya “sakit”. Kekerasan anak hanyalah sebuah gejala dari “abnormalitas” sebuah keluarga. Dalam konteks masyarakat yang lebih besar, keadaan tersebut juga menjadi tanda “sakitnya sebuah masyarakat.  Ketidakberfungsian sebuah keluarga baik karena perceraian, KDRT, permasalahan ekonomi menjadi sumber penyebab  kekerasan dan beragam  permasalahan dalam masyarakat.  Dengan demikian, penanganan berbasis keluarga menjadi hal yang penting.  Keluarga yang sehat dan berdaya akan menjadi basis bagi masyarakat yang sehat. 
Tantangannya,  keragaman suku bangsa membawa konsekuensi keragaman konsepsi akan keluarga, struktur, peran dan fungsi dalam  keluarga. Penanganan permasalahan dalam keluarga hendaknya mampu melihat konsteks sosial kultural atau agama masyarakat.   Dalam tulisan ini mencoba untuk melihat permasalahan dan solusi sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Agama dipandang menjadi basis dalam mengkonstruksi peran, fungsi, dan penanganan permasalahan dalam keluarga. Propetic parenting dan prophetic  family problem solving belum banyak mendapat perhatian dalam kajian-kajian  parenting  dan  family therapy yang lebih banyak berasal dari Barat.

Kata Kunci:  Propetic  Parenting,  Kekerasan Anak,  Disfungsi Keluarga, Family Therapy

*) Paper dipresentasikan dalam rangkaian acara Lustrum VI Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 31 Mei 2013. 

Download "Propetic Parenting for Family Problem Solving" Here!


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Refrensi Psikologi: Temukan Refrensi Penting Di Sini. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.